Pulau “Kirin” di Weluan

Pulau Kirin di Weluan

Awal September 2005, saat berjalan ke Indonesia bagian Tenggara, dan menginap beberapa hari di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, gw berkesempatan main ke pantai Weluan. Pantai yang cukup enak karena masih relatif bersih dari sampah pengunjung, dan juga sempet berkunjung ke 2 pulau dekat pantai tersebut.

Kedua pulau ini sangat unik dan dihuni banyak burung besar yang transit dalam perjalanan lintasbenua tahunan mereka. Salah satu pulau mengingatkan pada salah satu buku favorit, karya Enid Blyton, The Famous Five (atau beredar disini dengan judul seri Lima Sekawan). Lima Sekawan terdiri dari Julian, Dick, dan Anne, yang selalu senang berlibur ke rumah Paman Quentin dan Bibi Fanny, dan berpetualang seru dengan sepupu si tomboy Georgina yang lebih suka dipanggil George. Juga dengan si anjing nan cerdik, Timmy…!

Mereka “mempunyai” pulau yang gak jauh dari rumah George dan diyakini oleh George sebagai pulau keluarganya, bernama pulau Kirin. Pulau Kirin dikelilingi karang sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa mendaratkan perahu di pulau tersebut, dan George termasuk jagonya setir perahu untuk selalu berkunjung ke Kirin. Pulau Kirin punya pantai yang tersembunyi, selebihnya adalah batu karang terjal mengelilingi pulau.

Kondisi pulau Kirin (kok ya) persis dengan pulau dekat pantai Weluan. Pulau yang belum ada dalam peta dunia milik Garmin ini dikelilingi karang terjal, yang gak bisa didarati kapal apapun, kecuali di satu sisi yang mempunyai pantai landai dan putih bersih. Disinilah perahu bisa sandar, walaupun harus diikat kencang karena arus cukup kuat.
Pulau ini “dibentengi” batuan karang tinggi menjulang, sedangkan bagian tengah relatif datar dan ditumbuhi tanaman liar. Agak sulit mencoba mendaki salah satu sisi tebing, walaupun akhirnya sampai juga di tempat dimana bisa memandang laut lepas yang berbatas dengan benua Australia.

Benteng karang yang mengelilingi pulau.Di sisi timur pulau, banyak dihuni burung-burung berukuran besar (gak tau jenisnya apa) dan suara mereka cukup mengisi keindahan suasana pulau yang masih alami ini. Pantai dipenuhi hancuran koral atau terumbu karang, dan berwarna putih. Masih banyak cangkang binatang laut yang indah yang bisa didapat di pantai kecil ini.

Jika di Pulau Kirin ada bangunan kuno berupa kastil dengan rongga dan lorong rahasia di bawah tanah, maka di pulau Tak Bernama dekat pantai Weluan ini… gak tau ya, ada gak lorong-lorong rahasia… Yang jelas inilah salah satu harta karun negeriku yang harus diselamatkan dari keganasan manusia sehingga akan tetap layak menjadi persinggahan para burung. Terimakasih untuk pak Joko yang sudah nganter ke lokasi ini, sehingga bisa menikmati keindahannya, dan juga seakan masuk kedalam pengembaraan Lima Sekawan di Pulau Kirin… hehe…

Beberapa gambar kenangan bisa dilihat di Flickr-Tanimbar.
Tambahan: posisi pulau “Kirin” ini pada 8°0’50.3″ LS dan 131°19’30.6″ BT, direkam dengan Garmin eTrex Legend-C.

13 thoughts on “Pulau “Kirin” di Weluan”

  1. Membacanya udah menyenangkan, apalagi datang langsung
    bagi para petualang apalagi yang suka caving, wuih patut dicoba nich Pulau.
    Kebayang seperti cerita lima sekawan beneran.. ada pulau ditengah laut dan menara kuno, seperti Pulau Kirin or Pulau Rahasia…

  2. Pulau rahasia, … kayaknya tempat pesirggahan para penjajah zaman dulu kali ya? kok ada bangunan kunonya?,..
    Kalo deket aja, pasti kukunjungi, cuma sayangnya jauh banget..
    Emang Indonesia itu kaya raya, dan Pulau2 yang ga bernama masih buanyak banget..
    Harusnya segera diberi nama, biar ga diambil orang lagi:D..
    Kalo perlu keindahan pulau Kirin, dikirim ke Jelajah, sapa tahu dimasukin TV

  3. tuh khaaaan…jelajah nusantara lagi…bikin aku kepengen. sekali-kali ajak dong Mas 😀
    setuju sama pendapat mba Winda, tuh pulau harus segera dikasih nama biar gak dicaplok negara tetangga lagi. kalo didiemin mullu bisa habis deh kekayaan kita.

  4. Mas,salut bgt deh buat situ! Aq orang maluku aj blm pernah tuh jejakin kaki di pulau itu. Selama ini cuma liat-liat aj dari pantai Weluan. Btw,buat yang khawatir tuh pulau dicaplok,gak usah risau cos kemungkinannya kcl bgt! Tuh pulau bahkan bisa dicapai dgn berenang dari pulau Yamdena t4 ibukota kabupaten Maluku Tenggara Barat!
    Laen kali kalo mo ke Maluku ajak2 ya! Siapa tau Aq bisa bantu jadi guidenya! (Maunya….)

  5. Sory nambah lagi,Mas! Jangan cuma Yamdena n Kep.Tanimbar yg dikunjungai! Coba agak ke barat dikit,ada bebrapa kepulauan yang g kalah kerenya! Ada yang namanya Kep.Luang-Sermata n Pulau Dai di Kep. Babar! Keren abis tuh! Kalo soal tranportasi ga usah ragu cos tiap hari ada kapal penumpang,bahkan ada beberapa pulau yang bisa dijangkau dgn pesawat koq! Sory,kebanyakan! Ya itung2 sekalian promosi! Thanks!

  6. itu pulau belum ada penghuninya lho.. aku pernah liat juga tapi ga mampir..
    dari pantai weluan bisa keliatan.. masih banyak lagi pulau2 kecil di kepulauan tanimbar yang belum ada penghuninya..
    dengan keindahan yang berbeda2, punya daya tarik tersendiri..
    sayang.. pengembangan di daerah ini kurang..
    sebenarnya banyak potensi yang bagus yang dapat di gali.. namun yah.. begitulah..

    datang aja ke saumlaki..
    dari jakarta ke ambon, dari ambon naek trigana 1,3 juta atau bisa lebih murang dengan merpati 900ribu..
    malah klo mau dengan kapal juga bisa.. sedikit menghemat,

    sedikit bocoran.. saumlaki sekarang sudah sedikit berkembang, lebih maju.
    banyak kantor2 yang sedang dalam tahap pembangunan.. bahkan plasa juga baru di bangun di sini..

    oh.. saumlaki itu ada sedikit kekurangan.. yaitu terlalu mahalnya biaya hidup di sini.. mahal bgt..
    ga kebayang lah…

    siapapun yang mo berkunjung ke saumlaki bisa hubungi saya..
    hehehe…
    ga usah ding..

  7. saya sangat suka dgn wisata bahari,ingin rasanya keliling nusatara terutama bagian timur indonesia,karna dari nara sumber yang saya peroleh bagian timur indonesia msh byk wisata bahari yang msh asri dgn terumbu karang yang indah….
    saya berharap keinginan itu dapat terwujud….
    thx atas info dari temen2 yang telah melakukan kunjungan di nusantara bag timur indonesia yang kita cintai ini…….

  8. wahh saumlaki, tanibar….ada info biaya hidup disana gak? atau kehidupan? ….. pengen nih rasanya kesana.. tapi pengen dapet info yang lebih baanyak lagiii

  9. Saumlaki saya ingin sekali kesana. ada bekas teman sekolah yang sekarang tinggal disana. Saya sempat ditawari untk tinggal dan membuka usaha disana. Cuma sekarang masih belum ada keberanian untuk meninggalkan pekerjaan yang ada disini dan memulai usaha baru disana. Karena saya punya keluarga yang harus dinafkahi. Sedangkan untuk memulai suatu usaha yang baru kan kita ada beban takut jika gagal.

  10. dear mba winda, pulau itu sudah ada nama yaitu Nus Kesar jadi tdk perlu diberi nama lagi. kemudian buat bang O.Dahok lebih dekat lagi ke mas hartono biar daerah yg bang sebut bisa di tampilkan. memang daerah kita banyak tempat wisata hanya kurang promosi.

  11. i luv so much the famous five stories. Imagine that the island is closed to me, mmm… my dream come true….

Leave a Reply