Ukiran pasir di Pantai Tumbur

Ukiran-1Pantai Tumbur, dengan posisi pada 131°21’41.4″ BT – 7°52’27.4″ LS, merupakan salah satu sudut keindahan Pulau Yamdena. Bukan hanya pantai berpasir yang luas, ombak yang besar dan posisi yang berhadapan langsung dengan daratan Australia, tapi juga mempunyai penghuni pantai yang piawai dalam mengukir pantai.

Penghuni berjenis kepiting kecil ini membuat bulir-bulir pasir dan menyusunnya dengan indah di sekitar lubang rumahnya. Berbagai bentuk yang artistik banyak dijumpai di sepanjang bentang pantai berpasir tebal ini.

Ukiran-2Ukiran-3Ukiran-4Ukiran-5

Jika diperhatikan saat mereka mengerjakannya, terlihat sekali kemampuannya dalam membuat atau membentuk bola dari pasir yang berada di dalam liang rumah, kemudian mendorong dengan cepat ke berbagai posisi. Disadari atau tidak, tata letak yang dihasilkan sangat indah dipandang mata… : )

8 thoughts on “Ukiran pasir di Pantai Tumbur”

  1. daerahnya namanya apa itu.. koq kayaknya saya belum pernah liat y… sebelah mana itu.. klo dari saumlaki arah ke mana?//

  2. mas imam, pantai ini di utara Saumlaki. di dekat desa Tumbur yang merupakan desa perajin ukiran. seingat saya tinggal ikuti saja jalan ke utara, nanti setelah melewati “calon bandara baru” tidak jauh dari sana ada jalan masuk ke kiri. jalur jalan nya saya ada tapi masih dalam format GIS.

  3. Wah…senang skali ada yang bicara Tentang Tumbur, desa kecil di pesisir timur pulau Yamdena (Maluku Tenggara Barat) yang menyimpan sejuta pesona. Desa ini merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten MTB karena keindahan pantainya serta kerajinan ukiran kayu dan kain tenun yang terkenal. Pada tahun 2006, Desa ini menjadi tempat kunjungan Wisatawan dari Darwin-Australia bertepatan dengan kegian Sail Darwin-Saumlaki. Memang masih banyak orang yang belum tau dimana tempatnya, bahkan nama kepulauan Tanimbar aja masih asing di telinga orang. Maklum, wilayah ini dulu terkenal sebagai “The Forgooten Island of Indonesia”. Selain Tumbur, masih banyak juga desa-desa pesisir lain di Pulau Yamdena yang memiliki keunikan baik dari sisi budaya maupun kehidupan masyarakatnya.
    Semoga dapat menjadi masukan…..
    PUTRA TANIMBAR

  4. Itu kampoengku.Di sana aku lahir. Indah dan mempesona.
    Mau tahu lebih jauh ? Silahkan datang …orangnya baik dan ramah.

  5. itu lah kampungQ tumbur tecinta. . .disanalah aq dilahirkan dan dibesarkan. . .jangan takut untuk menginjak kaki di sana . . . .dijamin tentu aman lho. . . .orangnya ramah n baik semuanya. . .I love Tumbur. . . .5 tahun lagi aku akan bertemu dengan mu . .semoga engkau menghasilkan hal-hal yang baik bagi semua orang yang ingin bertemu dengan mu. . . . . .

Leave a Reply