Menikmati Kepiting Saus

Kepiting Saus - KenariKeluyuran di Kalimantan Timur, khususnya seputaran pusat keramaian di Balikpapan dan Samarinda, ada ritual yang tidak boleh ditinggalkan terutama bagi penggemar makanan binatang crustacean berkaki sepuluh, alias kepiting.

Saat mampir di Samarinda, saat itu malam minggu, setelah menempuh sekitar 30 menit perjalanan berliku dari Tenggarong, menyempatkan diri merapat ke Sari Laut. Warung ini terletak dekat dengan Hotel Kota Tepian. Tempat yang biasa-biasa aja, bahkan mungkin bagi sebagian orang termasuk “kurang nyaman”, ternyata telah dipenuhi semua kursinya dan agak susah cari tempat untuk memulai pemesanan. Rame banget. Yang datang bukan hanya kalangan anak muda, tetapi juga rombongan keluarga.

Tempat ini menyediakan berbagai makanan dari laut, tetapi justru sajian utama atau unggulannya adalah Kepiting. Bermacam jenis masakan kepiting ada di sini, dan kali ini saya mencoba kepiting asam manis. Setelah menunggu gak terlalu lama datanglah sang kepiting. Rasanya..? Hanya bisa diungkapkan oleh penikmat kepiting… Mmmmuah…!

Nah lain lagi dengan Balikpapan. Kota ini juga mempunyai “unggulan” sebagai penyedia makanan lezat dari kepiting juga. Setidaknya ada dua tempat yang cukup kondang, yaitu Kepiting Tambora dan Kepiting Kenari. Itu adalah nama atau sebutan saja dari para penggemar kepiting, sesuai dengan nama restoran. Keduanya mempunyai penggemar, dan katanya memiliki sajian rasa yang agak berbeda. Keduanya juga menerima pesanan bagi orang yang akan membawa ke Jakarta sebagai oleh-oleh dari Balikpapan.

Tinggal telpon, kemudian akan disiapkan dalam kotak khusus dengan rapi (lumayan sebagai peredam bau saat dalam pesawat). Kepiting Tambora belum tau rasanya, karena yang sempat mampir dalam perjalanan ke Bandara Sepinggan saat lalu adalah Kepiting Kenari, yang terletak di Jl. Iswahyudi (searah ke bandara, dari arah kota Balikapan).

Sumber kepitingnya sendiri kalo gak salah dari daerah Tarakan, Kaltim bagian utara. Pemasokan dua kali sehari sesuai dengan jadwal pesawat Tarakan – Balikpapan, siang dan sore hari.

Satu porsi Kepiting Saus masak asam manis (kepiting telor) adalah Rp. 125.000. Harga yang bukan kepiting telor lebih murah.

Saat sampai di rumah dan dibuka, wow… satu porsi untuk 5 (lima) orang pun cukup. Rasanya… mmmuah…!

Lumayan untuk alternatif pengganti “kuku macan” yang selalu menjadi “andalan” oleh-oleh dari Balikpapan/Samarinda…
)

2 thoughts on “Menikmati Kepiting Saus”

  1. Kalau mau oleh-oleh selain Amplang dan Kepiting, Balikpapan juga ada Mantau atau Roti Sepan bikinan Pondok Mantau, alamat tepatnya di Jl. Jend. A Yani gang Gama No. 28 RT.49, telpon 0542-7030608. Oleh – oleh ini di kemas dalam kotak isi 10. Dulunya Mantau hanya tersedia di hotel berbintang, tapi sekarang dah bisa di dapatkan dengan harga sangat terjangkau. Lebih nikmat Mantau atau Roti Sepan ini di padu dengan Daging sapi lada hitam. Dulunya paduan menikmati Mantau adalah menjangan, tapi karena hewan ini sudah di lindungi maka sekarang bisa dinikmati dengan daging lada hitam.
    Pon

Leave a Reply